Tim Mousebaret Teknik Mesin UII Raih Juara 4 pada UNY Line Follower Robo Contest 2008

 Tim Mousebaret dari Jurusan Teknik Mesin FTI raih juara 4 pada UNY Line Follower Robo Contest, Sabtu, 20 Desember 2008. Lomba yang digelar di KLPT Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta ini diikuti oleh 100 tim, baik dari perguruan tinggi maupun Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat. SMA tersebut diantaranya SMA 6, SMA 3, SMA 1, SMK 3, dan SMK Prambanan.

 

Pada perlombaan ini, dari 5 tim Teknik Mesin UII yang turut berpartisipasi, semuanya lolos ke babak 32 besar setelah pada penyisihan grup mampu mengalahkan lawan-lawannya di grup G dan H. Pada babak sistem gugur tim-tim Teknik Mesin UII sudah harus saling berhadapan di 32 besar, 16 besar, dan 8 besar. Akhirnya hanya tim Mousebaret mampu maju ke babak 4 besar.

 

Sebetulnya, menurut Agung Nugroho Adi, ST., MT., selaku pembimbing tim, dibandingkan dengan ketiga tim peringkat teratas, robot dari tim Teknik Mesin UII tidak kalah dari segi kecepatan maupun ketepatan dalam mengikuti garis. “Namun, memang harus diakui, dalam penentuan strategi dan penerapannya pada pemrograman ketiga tim tersebut lebih baik,” ujar Agung.

 Pada semifinal, tim Mousebaret menyerah dari tim dari Teknik Elektro UGM dan pada perebutan 3-4 kalah tipis dari tim putri Poltek Negeri Semarang. Kelima tim dari Teknik Mesin UII terdiri dari Kurniawan AW., Dwi Wiyanto, Untung Aji Tia, Faisal Nurhuda, Sukerman Endik, Joko Sriyanto, Riza Ariasandy, Amrullah Mahardika, M. Ariefsyah, dan M. Fathan. Selain tim Teknik Mesin, 7 tim Teknik Elektro UII juga turut berpartisipasi pada lomba ini.

Hasil lomba selengkapnya yaitu juara 1 dan 2 diraih oleh tim dari Teknik Elektro UGM. Sedangkan, juara 3 disabet tim dari Poltek Negeri Semarang. (adjie/misbah)