Kerja Praktik

Kerja Praktik (KP) adalah mata kuliah wajib yang bertujuan memberi kesempatan mahasiswa untuk terlibat langsung dengan industri yang relevan dengan bidang teknik mesin. Dengan melaksanakan KP, diharapkan mahasiswa mempunyai pengetahuan dan pemahaman yang lebih luas mengenai kebutuhan industri di luar kampus dan memacu mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan dan pengetahuannya.

Diperlukan pengetahuan dan keterampilan yang memadai untuk dapat mengenali, melakukan analisis atau memberi alternatif solusi di tempat KP. Karena itu untuk dapat melaksanakan KP mahasiswa harus sudah menempuh minimal 80 SKS dengan IPK lebih dari 2,25. Selain itu juga harus telah lulus beberapa mata kuliah, yaitu Proses Manuaktur, Desain Produk Mekanik 1 dan Desain Produk Mekanik 2. Rincian dan syarat-syarat teknis KP akan diatur dalam sebuah buku panduan khusus tentang KP.

Diagram alir pelaksanaan Kerja Praktik dapat dilihat pada diagram di bawah ini:

Buku Panduan Kerja Praktik dan Template Laporan Kerja Praktik dapat diunduh di sini.

Template Proposal Kerja Praktik dapat diakses melalui link ini.

Pendaftaran KP dapat dilakukan melalui link ini.

Pengumpulan Laporan KP dilakukan melalui link ini.

Bagi mahasiswa yang melakukan KP selama 3 bulan atau lebih, dapat dikonversi menjadi SKS mata kuliah lain dengan mendaftarkan ke UIIMBKM. Panduan pendaftaran MBKM dapat dilihat di sini.

Beberapa informasi tentang pelaksanaan KP

  • Sebelum melaksanakan Kerja Praktik mahasiswa wajib menemui Dosen Pembimbing untuk mendapatkan arahan. .
  • Setelah memulai melakukan observasi di tempat KP mahasiswa diwajibkan untuk berkonsultasi dengan pembimbing tentang topik tugas khusus (bab 4) yang akan dipilih untuk penyusunan laporan. Konsultasi dapat dilakukan secara tatap muka maupun melalui sarana komunikasi seperti WA, email, Zoom, atau media komunikasi lainnya.
  • Selama pelaksanaan KP mahasiswa diwajibkan mengisi agenda kegiatan KP, yang berisi tugas, kegiatan pengamatan atau pengolahan data yang dilakukan selama pelaksanaan kerja Praktik. Pada agenda kegiatan dicantumkan juga tanggal dan uraian kegiatan yang telah dilakukan secara berurutan serta mendapatkan pengesahan dari pembimbing di lapangan atau pejabat yang berhak pada institusi tempat KP.
  • Perizinan kuliah untuk mahasiswa yang sedang melakukan KP dilakukan melalui portal.fit.uii.ac.id dengan melampirkan bukti yang memuat tanggal mulai dan selesai KP. Tidak ada perizinan khusus untuk mata kuliah yang Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester.
  • Di akhir pelaksanaan KP mahasiswa menyerahkan blangko nilai kepada pembimbing lapangan untuk diisi dan kemudian dimasukkan ke dalam amplop tertutup untuk selanjutkan diserahkan kepada Dosen Pembimbing.
  • Template agenda dan blangko nilai pembimbing lapangan dapat diakses melalui tautan berikut ini.
  • Selambat-lambatnya dua pekan setelah selesai KP mahasiswa diwajibkan untuk menemui Dosen Pembimbing untuk menyerahkan agenda KP dan nilai KP dari pembimbing lapangan serta mengkonsultasikan penyelesaian Laporan KP. Laporan KP wajib menggunakan template yang tdisediakan. Penyelesaian Laporan KP dan revisinya dilakukan selama satu hingga dua bulan.
  • Selama proses pembimbingan, mahasiswa wajib mempresentasikan Laporan KP minimal satu kali di hadapan dosen pembimbing.
  • Nilai KP diberikan oleh dosen pembimbing dengan mempertimbangkan proses penyusunan laporan, hasil Laporan KP, presentasi KP, serta nilai dari pembimbing lapangan sesuai dengan capaian pembelajaran (CPMK) yang telah ditetapkan.
  • Laporan KP dikumpulkan melalui tautan berikut ini selambat-lambatnya enam bulan terhitung sejak tanggal awal pelaksanaan
    KP yang tercantum di surat penerimaan dari institusi tempat KP . Jika melebihi enam bulan maka KP dinyatakan gugur dan harus mengulang kembali dari awal sesuai prosedur pengajuan KP.
  • Untuk mahasiswa dengan pelaksanaan KP empat bulan atau lebih diberikan batas pengumpulan Laporan KP adalah selambat-lambatnya 2 bulan setelah tanggal selesainya KP.