Ricky, Alumni Teknik Mesin UII di Bidang Pengawasan Internal PLN

Perkenalkan nama saya Ricky Tanjung, lahir di Kalimantan Selatan tepatnya Tanjung, Kabupaten Kalimantan Selatan (5 jam waktu tempuh dari Kota Banjarmasin). Saya kuliah di Teknik Mesin UII mulai tahun 2010 dan alhamdulillah lulus pada tahun 2015.

Alhamdulillah dengan rasa syukur yang begitu besar, saya dapat memulai berkarir di salah satu BUMN yang bergerak dibidang kelistrikan di Indonesia yakni PT PLN (Persero). Sempai dengan saat ini saya merasakan begitu banyak pelajaran dan ilmu yang diperoleh, baik itu softskill maupun hardskill.

Saya pertama kali belajar dib idang pembangkitan sebagai anak OJT (On Job Training) di PLTU Bukit Asam, Palembang. Belajar mulai dari proses bagaimana menghasilkan energi listrik dengan bahan bakar batubara, mengenal secara dekat equipment-equipment pembangkitan, serta cara pemeliharaannya.

Pada Oktober 2016, saya  mendapatkan tugas di bidang Pengawasan di PT PLN (Persero) Inspektorat Audit Sumatera Bagian Tengah 3. Lingkup pengawasan yang saya lakukan adalah dari Lampung sampai dengan Aceh. Sebagai auditor dibidang pembangkitan, saya bertugas melakukan pengawasan internal sehingga tercapai visi dan misi perusahaan sesuai dengan aturan yang berlaku, baik itu di internal perusahaan maupun aturan yang berlaku di eksternal perusahaan.

Pada bidang kerja ini, saya memperoleh ilmu dan pengalaman baru, dimana saya harus mengenal Bidang Distribusi dan Bidang Transmisi. Terkadang saya harus bertemu dengan pelanggan ketika melakukan pengawasan. Pernah suatu ketika didatangi dan dimarahi oleh pelanggan karena mengira saya akan memutus listrik rumahnya. Tetapi itu semua saya terima dengan lapang dada, karena itu semua bagian dari pembelajaran.

Dari alur cerita diatas, ada sedikit perbedaan antara karir yang saat ini saya jalani dengan perkuliahan yang saya jalani dahulu. Tetapi saya percaya proses dan ilmu yang saya dapatkan pada masa perkuliahan di Teknik Mesin UII menjadi dasar dari pola pikir saya saat ini, dari analisis sampai dengan problem solving.

Ilmu di Teknik Mesin UII bisa dipakai di semua lini pekerjaan yang ada di Indonesia, selama kita ingin dan tidak lekas menyerah dengan keadaan serta mengambil hikmah dari setiap perjalanan.

Maju terus Teknik Mesin UII dan Mari kita membangun Teknik Mesin UII semakin kuat dan erat.

Keep moving forward with Allah SWT.