PT. Lovary Corpora Indonesia, Perusahaan Rintisan Alumni Teknik Mesin UII

Menjadi payung untuk umat, begitulah ungkapan yang selalu ada dalam fikiran saya, yang ingin selalu saya perjuangkan, walaupun itu bukan pekerjaan sederhana, dan butuh kerjasama dari banyak orang, oleh dari itu saya harus menjadi orang besar dan berpengaruh. Memang semua ada tantangan yang harus diperjuangkan. Sebelum lebih jauh, izinkan saya memperkenalkan diri, saya lulusan Universitas Islam Indonesia tahun 2018, angkatan 2011 Teknik Mesin FTI, nama saya Siska Pratiwi berasal dari desa yang berada di kota Pati, berasal dari keluarga petani yang cukup sederhana. Dulu waktu kuliah saya mendapatkan beasiswa dari BPKLN, tak lupa saya ucapkan terimakasih kepada BPKLN, Dosen, Dan Staf Teknik Mesin yang telah membantu dan membimbing saya selama ini. Saat ini saya mendirikan perusahaan bersama suami, Saya sebagai Co-Founder sekaligus Chief Operational Officer di PT. LOVARY CORPORA INDONESIA yang bergerak di Industri Manufaktur & Distribusi Perhiasan dengan market niche Jewels of Love. Namun memang perusahaan kami masih jauh dari kata sempurna, untuk itu kami akan terus berusaha untuk menjadi jauh lebih baik lagi, mohon doanya ya teman-teman.

Memulai perjalanan tidak bisa instan, mie instan pun masih butuh dimasak terlebih dahulu, apalagi berbisnis. Saya memulainya dari SMA, kalau dulu bukan bisnis tapi lebih tepatnya jualan. Sampai saya kuliah saya masih coba jualan. Sering sekali pertanyaan muncul dari sebagian orang, kamu dapat modal dari mana? Hei teman – teman berbisnis tidak harus punya modal. Lalu bagaimana? Kamu bisa mencari cara bagaimana bisa jualan tanpa harus pakai modal itulah yang dulu saya lakukan. Saya dulu menjualkan barang dari teman saya yang memiliki modal. Sebelum berangkat kuliah saya menitipkan jualan saya sama mbak indah, mungkin sebagian kenal. Beliau dulu admin teknik mesin yang duduknya ada didepan, setelah membuka pintu jurusan. Saya persilahkan beliau mengambil untung dari penjualan, saya selalu berkata yang jelas harganya modalnya sekian, setelah pulang kuliah baru saya ambil dagangan saya. Begitulah hal sederhana yang dulu saya lakukan. Saya bukan mahasiswi yang pintar atau cerdas dibidang yang saya ambil saat itu, tapi bukan berarti saya berhenti belajar, justru saya harus memulai untuk belajar sesuatu lain yang saya sukai lebih keras. Nah pasti banyak pertanyaan wah kok lulusnya lama, iya saya memang lulus lama, tapi jangan ditiru ya, tapi cukup tiru saja yang baik-baiknya :), saya lama lulus karena memang saya isi dengan mempelajari dan mempersiapkan pondasi dalam bidang bisnis, agar lebih kokoh, dengan cara melatih kemampuan saya terus menerus. Alhamdulillah saya juga menyelesaikan Pendidikan saya sebagai tanggung jawab saya kepada orang tua saya dan semua pihak yang mendukung saya.

Kami memulai menjalankan bisnis ini pada tahun 2016, dan dulu masih bekerjasama dengan beberapa vendor. Kami memulai dengan modal 0 rupiah dan modal nekat, kemudian menemukan pola – pola bagaimana bisa tetap berjualan tanpa harus menggunakan modal. Dalam bisnis kita harus memiliki keterampilan negosiasi, itu adalah skill paling dasar yang harus dilatih. Kebanyakan dari kita pasti cari modal dulu baru berbisnis, justru karena kita tidak memiliki uang maka kita harus kreatif untuk mendapatkan uang. Kalau modal dulu baru bisnis, pasti selamanya kita tidak akan pernah bisa untuk memulai.

Sebagai hal yang paling penting dalam tahapan awal dalam bisnis adalah bagaimana produk yang kita jual laku (proven). Saat tahapan itu, cobalah untuk mengerjakan semuanya sendiri, oprasional hingga promosi. Waktu itu saya mengerjakan bagian oprasional sendiri, dari mulai konfirmasi customer hingga mengirimkan barang, otomatis termasuk packing. Strategi pengembangan bisnis & promosi dikerjakan oleh suami saya. Kami semua berbagi tugas menurut kemampuan dan keahlian masing-masing, menjadi team yang baik yang saling melengkapi, pada tahapan ini jangan terburu – buru cari karyawan, bangun dulu cashflow yang cukup, pastikan produk kita diterima dahulu. Agar lebih ringan, buatlah skema yang sekiranya meringankan, misalkan dengan cara meminta ekspedisi untuk mempick up paket tanpa harus kita yang ke tempat agen. Hal tersebut dapat membuat waktu lebih efektif, kita dapat melakukan kegiatan yg lain yang lebih penting. Kapan waktunya membutuhkan karyawan? Yaitu ketika kita merasa cukup faham bagaimana melakukannya dengan baik dan perusahaan memiliki cukup anggaran untuk merekrut karyawan, maka pekerjaan harian yang dulunya kita kerjakan, saat itu bisa kita segera delegasikan kepada mereka, satu per satu, lalu kita mulai mengerjakan pekerjaan-pekerjaan lain, yang jika fungsi itu ada maka perusahaan akan mendapatkan keuntungan tambahan, misal mulai memperbaiki pembukuan keuangan dan lain-lain.

Tidak kalah penting yaitu melayani customer dengan sepenuh hati, usahakan jangan pernah membuat customer kecewa. Karena hidup-matinya bisnis itu di topang oleh kepuasan pelanggan, melalui hasil produk dan layanan yang kita berikan. Kalau bisa kita hanya cukup janjikan kualitas yang standar saja namun saat diberikan hasilnya harus jauh lebih baik dari bayangannya atau dalam kata lain under promise over deliver.

 Tahapan itu yang kami kerjakan selama ini, alhamdulillah januari 2020 perusahaan kami resmi berbadan hukum (PT). Saat ini ada 11 teman – teman inti yang membantu dibidang administration, sales, promotion, human resource, production, finance & accounting. Dan didukung beberapa vendor pengrajin lebih dari 6 team.

Semoga teman – teman yang membaca tulisan ini bisa mengambil pengalaman yang pernah saya jalani. Mulailah berlatih, karena untuk terampil kita tidak bisa hanya sebatas tahu tapi harus berlatih, bagi yang ingin berbisnis saran saya latihlah people management skill, finance & accounting management skill, marketing skill, dan legal aspect skill. Belajarlah dari pengalaman orang – orang besar, orang-orang yang walk the talk.

Terimakasih Teknik Mesin UII semoga semakin maju, semoga suatu saat Lovary dan Teknik Mesin UII bisa berkerjasama menciptakan sebuah terobosan baru. Buat teman-teman yang ingin tahu lebih lanjut tentang produk perhiasan kami bisa klik www.instagram.com/lovary.id atau www.facebook.com/lovary.id untuk websitenya juga bisa di www.lovary.id (dalam tahap pengembangan).