Webinar: Aplikasi Tribologi dalam Bidang Olahraga

Ilmu di bidang Teknik Mesin mempunyai aplikasi yang beragam dalam dunia nyata. Tidak seperti yang dipersepsikan bahwa Teknik Mesin selalu identik dengan otomotif, ilmu yang dipelajari di Prodi Teknik Mesin sebenarnya jauh lebih luas dari itu. Salah satu mata kuliah yang dipelajari adalah tribologi, ilmu yang mempelajari tentang gesekan, aus, dan pelumasan.

Pada Kamis, 11 Juni 2020 Prodi Teknik Mesin menyelenggarakan webinar bertajuk “Aplikasi tribologi dalam bidang olahraga”. Webinar ini mendatangkan Dr. Nurhidayah binti Ismail dari Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UTeM). Dr. Nurhidayah menyampaikan berbagai contoh dan studi kasus aplikasi ilmu tribologi dalam produk olahraga. “Dengan penguasaan ilmu tribologi dalam produk olahraga, kita dapat menghasilkan produk yang berkualias sehingga dapat membantu prestasi atlet”, terang Dr. Nurhidayah.

Peserta webinar kali ini tidak hanya diikuti oleh mahasiswa Teknik Mesin UII, tetapi juga dihadiri dari berbagai kampus di Jawa Tengah, kalangan industri, dan peneliti dari instansi pemerintah.