Robot Teknik Mesin UII Juara 3 Robotics and Technology Fair 2009 (RO-TECH 09) di UNDIP

Tim Robot CYBORG M-01 Jurusan Teknik Mesin FTI UIIMahasiswa Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri (FTI) UII kembali menorehkan prestasi membanggakan. Kali ini, kelompok mahasiswa yang tergabung dalam Tim Robot CYBORG M-01 meraih Juara 3 Best Valuable Robot (BVR) dalam kontes nasional RO-TECH 09 (Robotics and Technology Fair), 1-2 Desember 2009. Mereka meraih tropi piala, sertifikat, plakat, dan uang pembinaan sebesar Rp 2 juta. Juara 1 diraih tim ITS dan Juara 2 tim UGM. Lomba ini digelar oleh Jurusan Teknik Mesin, Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang.

Tim Teknik Mesin UII terdiri dari 4 personel, yaitu Sukerman Endik (07525001), Amrullah Mahardika (07525003), Fisal Nurhuda (07525002), dan Joko Sriyanto (07525011). Robot yang mereka turut pamerkan dan pertandingkan mereka namai robot CYBORG M-01. Keunikannya adalah memiliki 2 kaki, 3 motor servo, dan bahan yang dibutuhkan sangat sederhana. Komponen yang dibutuhkan antara lain microcontroller, aktuator, mekanik dan power supply.

Robot CYBORG M-01 Jurusan Teknik Mesin FTI UIIDalam lomba robot ini, Tim menuturkan, mereka hanya memiliki waktu 3 hari untuk mempersiapkan semuanya. “Informasi dari panitia sangat dadakan, sehingga kami harus memanfaatkan secara maksimal waktu yang kami miliki. Namun, alhamdulillah, kami sangat bersyukur sekali, semua pihak mendukung dengan baik. Kami mengucapkan terimakasih kepada dosen pembimbing, terutama Bapak Agung Nugroho Adi, pihak jurusan dan dekanat yang mensupport semua pendaan yang kami butuhkan,” tutur Sukerman Endik didampingi personel lainnya.

Kendala yang mereka hadapi selama ini adalah terkait regenerasi. “Kami sangat kesulitan mencari tim baru. Kami membutuhkan kaderisasi sejak saat ini. Saat ini kami kemana-mana hanya berempat terus. Alasan dari teman-teman lain ketika kami ajak, katanya tidak bisa atau tak punya dasar soal robotika. Padahal, kami kan dulu sama, belajar dari nol semua,” jelasnya. (Misbah Munir)