Profil Alumni

Lulusan PSTM menguasai kemampuan dan karakter hasil capaian pembelajaran yang ditetapkan oleh PSTM. Lulusan PSTM adalah: Lulusan yang mampu menerapkan sains, matematika dan prinsip-prinsip rekayasa untuk membuat model, melakukan analisis dan merancang sistem mekanika serta memiliki karakter Kuat, Semangat, Adaptif, Terampil, Responsif, Inovatif dan Amanah (KSATRIA).

Note: sistem mekanika mencakup juga sistem termal dan fluida.

Lulusan PSTM selanjutnya akan berkiprah di masyarakat. Peran dan fungsi yang diharapkan dapat dijalankan oleh lulusan PSTM di masyarakat sebagai outcome dari proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh PSTM didefinisikan sebagai profil lulusan PSTM. Identifikasi profil lulusan PSTM disajikan dalam Tabel di bawah.

No
Profil

Bidang Kerja

Posisi
1Product Design Engineer,
Manufacturing Engineer ,
Project Engineer
Industri Manufaktur, Otomotif, Proses, Pengolahan Pangan, Bangunan dan Konstruksi, Pertambangan, Jasa, Pembangkitan TenagaProduct Design, Quality Control, Production Engineer, PPIC, Research and Development, Operation and Maintenance Engineer, Sales Engineer /Engineering Marketing, Engineering Consultant, Project Engineer, Safety Engineer, Training Engineer, Surveyor
2Research EngineerInstitusi Pendidikan dan Penelitian serta instansi PemerintahPengajar, Peneliti, Penilai
3TechnopreneurWirausahaTechnopreneur
4Mahasiswa Pasca SarjanaStudi lanjutStudi lanjut

Profil lulusan PSTM sebagaimana dalam Tabel di atas adalah sebagai berikut:

  1. Product design engineer mempunyai tugas utama menggabungkan pengetahuan tentang desain, teknik, dan proses manufaktur untuk membuat produk yang fungsional sesuai dengan kriteria yang ditetapkan.
  2. Manufacturing engineers mempunyai tanggung jawab atas pengelolaan teknis, pemeliharaan dan pengembangan lini produksi baru dan yang sudah ada dalam berbagai industri manufaktur.
  3. Project engineer berperan dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan proyek rekayasa dan konstruksi dengan merencanakan, mengatur dan mengendalikan semua elemen proyek.
  4. Research engineer berperan dalam penelitian dan pengembangan ilmu dan rekayasa.
  5. Technopreneur adalah wirausahawan yang memanfaatkan teknologi untuk melakukan inovasi usaha.
  6. Mahasiswa pasca sarjana merupakan lulusan PSTM yang melaksanakan studi lanjut pada jenjang yang lebih tinggi.