Pelatihan Peningkatan Ketrampilan Presentasi Untuk Dosen

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi maka alat bantu dalam penyampaian kuliahpun mengalami evolusi. Di masa lalu seluruh pengajar memanfaatkan papan tulis dan kapur untuk membantu menyampaikan materi kuliah. Saat ini meskipun papan tulis ataupun whiteboard masih digunakan, bahkan untuk beberapa materi perkuliahan masih belum tergantikan, namun pemanfaatan perangkat lunak presentasi beserta perangkat keras berupa komputer dan viewer telah berkembang dengan pesatnya. Di Fakultas Teknologi UII setiap kelas telah dilengkapi dengan komputer dan viewer untuk memudahkan dosen dalam menyampaikan presentasi kuliahnya. Meski demikian masih banyak dosen yang belum mengoptimalkan tampilan slide presentasinya sebagai alat bantu visual untuk membuat presentasi perkuliahan lebih menarik.

Dalam rangka Program Hibah Kompetisi Program Studi (PHK-PS) Teknik Mesin tahun 2013 maka Program Studi Teknik Mesin (PSTM) menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Peningkatan Ketrampilan Presentasi Dosen. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 14 dan 15 Februari 2013 di Ruang Training Laboratorium Teknik Mesin dan diikuti oleh dosen pengajar Teknik Mesin dan dosen dari prodi lain di lingkungan Fakultas Teknologi Industri. Bertindak sebagai trainer dalam pelatihan ini adalah Bapak Adi Kusrianto yang merupakan penulis buku “Business Presentation” dan kontributor di Presentasi.net, website tentang presentasi terkemuka di Indonesia. Beliau saat ini juga adalah fasilitator di Universitas Ciputra Surabaya di Prodi Psikologi dan Entrepreneurship.

Kegiatan ini dibuka oleh Ir. Gumbolo HS, M.Sc, Dekan Fakultas Teknologi Industri, yang sekaligus juga membuka rangkaian kegiatan PHKPS Teknik Mesin di tahun 2013. Dalam sambutannya Gumbolo menyambut baik dilaksanakannya kegiatan ini karena bertujuan meningkatkan kemampuan dosen dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di kuliah yang juga melibatkan dosen dari seluruh prodi di Fakultas Teknologi Industri.

Agung Nugroho Adi, ST, MT sebagai penanggung jawab kegiatan ini menyampaikan bahwa pelatihan presentasi ini baru pertama kali diselenggarakan di Prodi Teknik Mesin dan Fakultas Teknologi Industri. Kegiatan ini juga merupakan lanjutan dari Pelatihan Pembuatan Video Tutorial dan Workshop Metodologi Inovasi yang telah dilaksanakan di tahun 2012. Dengan bekal kemampuan presentasi dosen yang lebih baik diharapkan bahwa penyampaian materi kuliah dalam bentuk presentasi menjadi lebih menarik dan lebih mudah dipahami oleh mahasiswa. Setelah untuk dosen pelatihan semacam ini juga akan diselenggarakan untuk mahasiswa mengingat ketrampilan presentasi juga adalah salah satu softskill yang harus dimiliki oleh setiap lulusan sarjana teknik mesin.