Dedy Astika (Alumni Teknik Mesin FTI UII) Raih Indonesia Berprestasi Award 2009 PT Excelcomindo (XL)

Ketika berbagai persoalan sosial terus melilit masyarakat, selalu saja ada orang-orang yang bersedia mendedikasikan dirinya untuk mengurainya dan menemukan jalan keluar. Hasil karya dan usaha mereka secara nyata telah terbukti mampu mengatasi sebagian persoalan yang ada. Kepada mereka para warga negara berprestasi ini, kembali PT Excelcomindo Pratama Tbk (XL) menganugerahkan penghargaan Indonesia Berprestasi Award (IB Award) 2009. Penghargaan diserahkan oleh Direktur Corporate Service XL, Joris de Fretes, di Jakarta, Senin, 26 Oktober 2009.

 

“Orang-orang ini dengan tekun dan bahkan tanpa pamrih, telah mencurahkan seluruh daya, upaya, usaha, bahkan mengorbankan harta benda untuk mengatasi persoalan sosial yang dihadapi masyarakat. Sementara itu, mungkin orang lain justru tidak peduli meskipun masalah tersebut juga menderanya. XL berharap dengan penghargaan ini dapat menjadikan semakin luas kalangan masyarakat yang tergerak mengikuti jejak para teladan ini,” ujar Joris de Fretes dalam jumpa persnya.

 

IB Award 2009 memberikan penghargaan pada kategori Wirausaha, Pendidikan, Sosial Kemasyarakatan, Seni dan Budaya dan IPTEK (Ilmu pengetahuan dan Teknologi). Beberapa faktor yang menjadi dasar penghargaan adalah integritas, inovasi, dan konsistensi. Untuk IB Award 2009 ini, jelas Joris, penghargaan diberikan dari hasil seleksi terhadap 1.214 kandidat yang masuk ke panitia, baik dalam bentuk surat fisik ataupun surat elektronik.

Berikut 5 peraih penghargaan terbaik:

  • Kategori Pendidikan: DR. Denny Hidayati
  • Kategori Wirausaha: Susi Pudjiastuti
  • Kategori Sosial Kemasyarakatan: Bambang Suwerda
  • Kategori Ilmu Pengetahuan dan Teknologi: Camellia Panatarani
  • Kategori Seni dan Budaya: Dynand Fariz

Penerima Indonesia Berprestasi Award 2009 ini mendapatkan penghargaan berupa trophy, dan hadiah uang tunai senilai total Rp. 175 juta untuk kelima pemenang.

Dewan Juri juga menetapkan Susi Pudjiastuti untuk mendapatkan Special Award: The Most Inspiring. Selain itu, Dewan Juri juga menetapkan Special Recognition:

  • Kategori Pendidikan: Muhammad Durori
  • Kategori Wirausaha: Nancy Go & Goris Mustaqim
  • Kategori Sosial Kemasyarakatan: Adiosyafri
  • Kategori Ilmu Pengetahuan dan Teknologi: Muhamad Khairul Ikhwan & Dedy Astika (alumni Jurusan Teknik Mesin FTI UII)
  • Kategori Seni dan Budaya: Slamet Gundono

Dedy Astika, alumni Teknik Mesin FTI UIISelain itu, kepada para penerima IB Award tersebut, XL akan memfasilitasi usaha-usaha mereka untuk membantu masyarakat agar bisa dikembangkan pada lingkup yang lebih luas. XL juga akan membantu mendekatkan mereka dengan media massa, pemerintah daerah masing-masing, serta program-program yang bisa meningkatkan nilai karya usaha mereka.

Para penerima tersebut dipilih oleh dewan juri yang terdiri dari Prof. Umar Anggara Jenie (Akedemisi – Ketua LIPI), Dr. Imam Prasojo (Sosiolog), Dr. Ninok Leksono (Jurnalis senior), Adrie Subono (Promotor Musik), Artika Sari Devi (Mantan Putri Indonesia – Sosialita), serta Dian Siswarini (Direktur Network XL). Seleksi atas para kandidat telah dilakukan beberapa kali dalam kurun waktu 5 bulan, termasuk menyaksikan keberadaan dan hasil karya usaha mereka.

“Nama-nama penerima Indonesia Berprestasi Award 2009 yang kami pilih ini merupakan orang-orang yang telah terbukti mampu menunjukkan secara nyata jalan keluar yang bisa menjadi alternatif untuk mengatasi persoalan sosial kita, sesuai dengan bidang-bidang yang mereka geluti. Kami yakin, di luar sana masih banyak warga negara Indonesia yang juga punya jiwa membangun seperti mereka, yang rela berbuat banyak demi masyarakat, bangsa, dan negara,” kata Dr. Imam Prasodjo, mewakili para dewan juri IB Award 2009.

IB Award merupakan program tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility) dari XL berupa penganugerahan kepada warga negara Indonesia berprestasi yang karya-karyanya bermanfaat bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat luas. Melalui penghargaan ini, XL berharap bisa ikut serta mendorong tumbuhnya motivasi masyarakat untuk mencari solusi-solusi alternatif secara mandiri dalam menghadapi persoalan sosial yang ada. Program tahunan IB Award tahun ini memasuki tahun ke-3. (Misbah; sumber www.xl.co.id)