Capaian Pembelajaran Lulusan

Rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi Teknik Mesin adalah sebagai berikut:

No.Capaian Pembelajaran Lulusan
CPL 1Mampu menunjukkan sikap ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Esa dengan menjalankan syariat-Nya dalam kehidupan sehari-hari serta menunjang etika Islam universal.
CPL 2Mampu menunjukkan pandangan hidup inklusif dan dapat bergaul di masyarakat global dengan tetap mempertahankan identitas keislaman dan keindonesiaan.
CPL 3
Mampu menerapkan prinsip-prinsip kepemimpinan dan keteladanan termasuk sikap akuntabel dan bertanggung jawab kepada masyarakat serta mematuhi etika profesional dalam aktivitas rekayasa lingkungan kerjanya.
CPL 4Mampu merumuskan peran kontributif untuk memajukan masyarakat.
CPL 5Mampu menerapkan pengetahuan matematika, sains dan teknologi informasi untuk memperoleh pemahaman yang komprehensif tentang prinsip-prinsip rekayasa.
CPL 6Mampu merancang sistem mekanika beserta komponen dan/atau proses yang diperlukan dengan mempertimbangkan berbagai aspek seperti syariah Islam, hukum, ekonomi, lingkungan, sosial, politik, keberlanjutan, kesehatan dan keselamatan, serta potensi sumber daya lokal dan nasional dalam perspektif global.
CPL 7Mampu merancang dan melakukan eksperimen di laboratorium dan/atau lapangan serta menganalisis dan menginterpretasikan data untuk menguatkan keputusan dalam aktivitas rekayasa sistem mekanika.
CPL 8Mampu mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis, dan menyelesaikan masalah dalam aktivitas rekayasa sistem mekanika.
CPL 9Mampu menggunakan metode, keterampilan dan perangkat teknik mutakhir yang diperlukan dalam aktivitas rekayasa sistem mekanika.
CPL 10Mampu berkomunikasi melalui lisan dan tulisan secara efektif.
CPL 11Mampu merencanakan, menyelesaikan, dan mengevaluasi tugas-tugas dalam aktivitas rekayasa sistem mekanika dengan batasan-batasan tertentu.
CPL 12Mampu bekerja dalam tim multidisiplin dan/atau multikultural.
CPL 13Memiliki semangat untuk belajar sepanjang hayat, termasuk memiliki akses pada isu-isu kekinian, dan memiliki kemauan untuk menyebarluaskan gagasan.
CPL 14Menguasai prinsip pengintegrasian nilai keislaman pada ilmu yang ditekuninya.