ja_mageia

  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Sekilas Bidang Manufaktur
Ditulis oleh Adjie   
Rabu, 20 Maret 2013 14:49

Bidang manufaktur merupakan konsentrasi studi dari Program Studi Teknik Mesin UII. Manufaktur adalah salah satu cabang dari ilmu teknik mesin yang mempelajari tentang bagaimana suatu produk dibuat, dari ide, desain, proses pembuatan, hingga menjadi produk yang siap dipasarkan.
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini juga sangat berpengaruh terhadap bidang manufaktur. Terdapat tiga tahapan penting dalam proses manufaktur suatu produk, yaitu desain, analisis, dan proses produksi. Pada tahapan desain dikenal istilah Computer Aided Design (CAD), yaitu proses desain berbantuan komputer. Perangkat lunak CAD tidak saja mempermudah dalam proses menuangkan ide menjadi desain gambar, namun juga berperan sebagai basis data suatu produk. Suatu produk yang terdiri dari banyak komponen dapat terdokumentasi lebih baik spesifikasi dan rancangan masing-masing komponennya beserta cara perakitannya menggunakan basis data produk tersebut.
Pada tahap kedua dari proses manufaktur, yaitu analisis, kebutuhan untuk melakukan pengujian pada suatu produk, misal uji kekuatan, dapat diminimalisasi karena dapat dilakukan dengan melakukan analisis dan simulasi menggunakan perangkat lunak Computer Aided Engineering (CAE). Hal ini tentunya dapat menghemat waktu dan biaya pengembangan produk. Pada tahapan proses produksi terdapat dua teknologi yang terkait dengan proses permesinan, yaitu Computer Aided Manufacturing (CAM) dan Computer Numerical Control (CNC). CAM adalah perangkat yang digunakan untuk mengkonversikan rancangan gambar menjadi lintasan pahat mesin produksi. Hasil dari CAM tersebut kemudian dikirim ke mesin CNC yang merupakan mesin produksi, seperti mesin bubut, mesin frais atau mesin potong, yang dikendalikan oleh komputer.