ja_mageia

  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Computer Based Test dan Paper Based Test
Ditulis oleh Administrator   

Computer Based Test (CBT)

CBT adalah pola seleksi melalui Ujian Potensi Calon Mahasiswa (UPCM) yang diselenggarakan dengan menggunakan komputer. Calon dapat memilih maksimal dua pilihan program studi. Tes dilaksanakan di UII dan di kota-kota tertentu di luar DIY. Semua program studi kecuali program studi Pendidikan Dokter. Hasil CBT dapat diperoleh segera setelah tes selesai dilakukan. Calon mahasiswa yang dinyatakan diterima harus melakukan Registrasi pada waktu dan prosedur yang ditentukan.

JADWAL PELAKSANAAN CBT

CBT di Kampus UII dilaksanakan 29 Desember 2014 s/d 8 Agustus 2015 setiap hari Senin – Sabtu jam 08.00 – 14.00 WIB (kecuali hari libur) di Gedung Muhammad Adnan (D3 Ekonomi UII – Lantai 1) Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia, Jl. Kaliurang km. 14,5 Sleman Yogyakarta.

CBT di luar Kampus UII dilaksanakan mulai tanggal 12 Januari 2015 s/d 30 Juni 2015. Informasi tentang lokasi penyelenggaraan CBT di luar Kampus UII dapat dilihat di situs pmb.uii.ac.id. Pendaftaran CBT Luar Kota dilakukan di masing-masing lokasi penyelenggara CBT di luar Kampus UII. Info lebih lanjut silahkan kunjungi link ini.

Paper Based Test (PBT)

Paper Based Test (PBT) adalah pola seleksi melalui Ujian Potensi Calon Mahasiswa (UPCM) yang diselenggarakan secara tertulis. Semua program studi melakukan seleksi calon mahasiswa menggunakan pola seleksi PBT. Khusus program studi Pendidikan Dokter, seleksi calon mahasiswa dilakukan melalui dua tahap, yaitu tahap pertama berupa PBT dan tahap kedua berupa seleksi wawancara dan psikotes. PBT terdiri dari dua macam, yaitu PBT Potensi dan PBT Mandiri.

PBT Potensi

Pada pola seleksi ini hasil nilai UPCM akan menentukan kelulusan dan juga menentukan besarnya Sumbangan Catur Dharma. Dengan pola ini, semakin tinggi nilai UPCM semakin rendah nilai sumbangan yang diwajibkan.

PBT Mandiri

Pada pola seleksi ini nilai UPCM akan menentukan kelulusan pendaftar, sedangkan besar Sumbangan Catur Dharma ditentukan secara mandiri oleh orang tua/wali calon mahasiswa. Batas minimal Sumbangan Catur Dharma ditentukan oleh program studi yang dipilih oleh calon mahasiswa.

Program Studi yang membuka pola seleksi PBT Mandiri adalah: Pendidikan Dokter, Akuntansi (S1), Manajemen (S1), Ilmu Hukum, dan Arsitektur. Info lebih lanjut silahkan kunjungi link ini.

Komponen Soal

Soal yang diujikan dalam UPCM baik CBT maupun PBT terdiri atas beberapa komponen. Masing-masing komponen terdiri atas 100 soal dengan waktu pengerjaan 100 menit. Adapun komponen soal yang diujikan untuk masing-masing program meliputi : Agama Islam, Logika dan Penalaran Analitik, Matematika, dan Bahasa Inggris