ja_mageia

  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Workshop Problem Based Learning
Ditulis oleh Adi   
Jumat, 16 Juni 2017 01:57

Workshop PBL teknik mesin UII 2017Program Studi Teknik Mesin FTI UII menyelenggarakan workshop pembelajaran berbasis Probelm Based Learning (PBL) pada Kamis,Jumat 2-3 Maret 2017. Pelatihan ini dihadiri oleh dosen Prodi Teknik Mesin serta perwakilan dari prodi-prodi lain di FTI UII ini menghadirkan pembicara dari Departemen Teknik Kimia, FT UI Universitas Islam Indonesia

 

Pada sambutannya, Dr.Eng. Risdiyono selaku kaprodi Teknik Mesin FTI UII berharap dengan terlaksananya workshop pembelajaran secara PBL ini dapat memberikan inspirasi bagi dosen untuk semakin dapat memberpaiki dan meningkatkan rencana pembelajaran dan pengajaran bagi mahasiswa yang kedepan akan dilakukannya perubahan kurikulum baru. Dengan metode PBL ini mahasiswa memang dituntut lebih aktif di dalam kelas agar meraih hasil yang maksimal.

Pada mulanya Problem Based Learning (PBL) ini digunakan pada bidang kedokteran dan kini mulai diterapkan pada bidang-bidang lain. Pada dasarnya PBL ini adalah suatu metode pembelajaran yang menggunakan masalah sebagai pemicu pembelajaran. Selanjutnya siswa diharapkan dapat mengidentifikasi apa yang sudah mereka ketahui, apa yang perlu mereka ketahui, dan bagaimana mendapatkan informasi baru untuk dapat menyelesaikan masalah. Proses pembelajaran ini memungkinkan siswa untuk mengembangkan keterampilan yang digunakan untuk masa mendatang mereka.

Peran pengajar adalah memfasilitasi pembelajaran dengan mendukung, membimbing dan memantau proses pembelajaran. Disamping itu Pengajar juga harus mampu membangun kepercayaan diri para siswa untuk dapat mengatasi masalah yang dihadapkan.