ja_mageia

  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Tim Mobil Listrik FTI UII Turut Serta Dalam Ajang KMLI-VI Tahun 2014
Ditulis oleh Adi   
Selasa, 18 November 2014 10:44

Tim Mobil Listrik FTI UII 2014 Istimewa sekali, Tim Mobil Listrik FTI UII mampu bersaing dalam kompetisi mobil listrik Indonesia yang ke enam tahun 2014 ini. Pelaksanaan KMLI-VI tahun 2014 ini dilaksanakan dari tanggal 14-16 November 2014 di Politeknik Negeri Bandung, yang diikuti oleh 23 tim Mobil Listrik dari 19 Perguruan Tinggi di Indonesia.

 

 

Tim Mobil Listrik FTI diwakili oleh perwakilan mahasiswa dari prodi-prodi di FTI UII, dengan tugas dan tanggung jawab yang berbeda. Dari tim teknis adalah Nazri Afandi Pasaribu, Gyan Casandra, Adi Prasetyo, Yuardita Diaswara, Hafiyan Azmi, Kristamayu dari Teknik Mesin bertugas merancang bodi serta sistem mekanis dalam kendaraan, Fanriado serta Fachmi dari Teknik Elektro bertugas merancang controler motor dan sistem kendali serta Deni Ramalianto dari Teknik Informatika yang merancang aplikasi kontrol dengan Android. Dari Teknik Industri ada Nasyahta Dilla, Utari, Yanuar Anaba mendapat tugas analisa ergonomi dari mobil listrik. Begitu pula dengan tim non teknis yang bertugas mencari dukungan serta usaha dana.

Persaingan bergitu ketat antara para peserta kompetisi, dengan berbagai tes uji untuk mobil listrik diantaranya Uji Daya Tanjak, Uji Percepatan (Akselerasi), Uji Perlambatan (Deselerasi), Uji Efisiensi dan Uji Kecepatan. Untuk meraih juara tentunya mobil peserta mampu melewati uji tersebut dan mendapat peringkat paling baik.

Tim Mobil Listrik FTI UII adalah merupakan peserta baru dalam kompetisi ini, namun kehadiran Mobil Listrik FTI UII cukup menggemparkan Pendopo Agung kampus Polban. Dimana tampilan dari mobil ini begitu istimewa dan mampu mencuri pandang ratusan pasang mata, selain itu mobil ini dilengkapi dengan sistem kontrol yang dibuat sendiri melalui riset yang cukup lama oleh mahasiswa FTI UII. Inovasi yang tak lupa ditancapkan di mobil ini adalah penggunaan Aplikasi Android untuk kemudahan operasional.

mobil listrik fti uii 2014Wahyudi Budi Pramono,,S.T., M.Eng. sebagai dosen pembimbing dalam Tim Mobil Listrik FTI UII mengutarakan bahwa dalam kompetisi ini kita cukup berhasil dalam menghadirkan mobil listrik, dan kita yakin tahun depan mampu meraih juara.

 

 

 

Para dewan Juri KMLI-VI menetapkan juara dari tiap kategori adalah sebagai berikut:

1. Uji Daya Tanjak : Tim El-Mechanizer (STT Nasional Yogyakarta), Tim Hokage (Universitas Bangka Belitung), Tim Mandalika (Universitas Mataram).

2. Uji Percepatan (Akselerasi) : Tim Titen (Universitas Jember), Tim Mandalika (Universitas Mataram),  Tim Arjuna (Universitas Gajah Mada).

3. Uji Perlambatan (Deselerasi) : Tim Weimana (Universitas Udayana Bali), Tim Titen (Universitas Jember), Tim Habe (Universitas Harapan Bersama Tegal).

4. Uji Efisiensi : Tim Titen (Universitas Jember), Tim Evrt Tech I (Politeknik Negeri Bandung), Tim Elevatron (Universitas Jember).

5. Uji Kecepatan : Tim Arjuna (Universitas Gajah Mada), Tim Weimana (Universitas Udayana Bali), Tim Rusip (Universitas Bangka Belitung).

Dari kelima kategori yang diperlombakan, untuk tahun ini Juara Umum diraih oleh Universitas Jember kemudian disusul oleh Universitas Mataram dan Universitas Udayana Bali. Masing-masing pemenang telah mendapatkan uang pembinaan dari panitia.