ja_mageia

  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Penyelenggaraan Pelatihan Simulasi PLC dan Pembuatan PCB Oleh Laboratorium Mekatronika
Ditulis oleh Adjie   
Senin, 26 Maret 2012 05:11

Dalam rangka peningkatan minat dan kompetensi mahasiswa Teknik Mesin terhadap bidang Mekatronika, Laboratorium Mekatronika Universitas Islam Indonesia menyelenggarakan Pelatihan Simulasi Programmable Logic Controller (PLC) dan Pelatihan Pembuatan Printing Circuit Board (PCB). Kedua pelatihan tersebut telah dilaksanakan masing-masing pada tanggal 10 Maret 2012 dan 12 Maret 2012.

 

Pelatihan simulasi PLC diawali dengan pengenalan umum PLC. PLC adalah perangkat yang digunakan sebagai kontroler pada industri. Dengan sifatnya yang dapat diprogram (programmable), PLC bersifat fleksibel dibandingkan dengan rangkaian kendali relay. Berikutnya diperkenalkan dasar-dasar pemrograman PLC menggunakan program ladder. Pada bagian ini disampaikan berbagai pemrograman ladder dasar, seperti input NO/NC, rangkaian logika dan rangkaian latching. Setelah rehat makan siang acara dilanjutkan dengan pemrograman ladder lanjut, mencakup timer/counter, fungsi komparasi, dan fungsi aritmetika. Sebagai praktek peserta membuat program ladder pada simulasi, seperti simulasi Input/Output, simulasi pengisian botol, dan simulasi pengisian angin menggunakan kompresor.

 

Pelatihan pembuatan PCB diikuti oleh 25 orang mahasiswa, kebanyakan adalah mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah Mekatronika. Materi yang diberikan dalam pelatihan ini adalah pemanfaatan perangkat lunak perancangan PCB dan simulasi rangkaian hingga pembuatan PCB. "Diharapkan dengan mengikuti pelatihan ini mahasiswa dapat terbantu dalam pelaksanaan kuliah Mekatronika khususnya dalam menyelesaikan tugas project" demikian disampaikan oleh instruktur pelatihan Muhammad Faizun, ST, M.Eng.

Pelaksanaan pelatihan ini disambut sangat antuasias oleh peserta seperti tergambar dari komentar salah seorang peserta berikut "PLC adalah hal yang baru bagi saya, meskipun terasa sulit namun ternyata belajar PLC ini mengasyikkan juga". Purtoyo, ST, M.Sc, Kepala Laboratorium Mekatronika, menyampaikan bahwa pelatihan ini akan menjadi awal dari berbagai pelatihan berikutnya yang akan dilaksanakan tidak hanya oleh Laboratorium Mekatronika, namun juga oleh laboratorium lain di lingkungan Prodi Teknik Mesin UII.