ja_mageia

  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Tas Kerja Wanita Leskap Hasil Pengembangan Dian Janari, Alumni Teknik Mesin UII
Ditulis oleh Pewarta   

Dari sekian banyak lulusan Teknik Mesin beberapa di antaranya melanjutkan studinya di berbagai program magister. Dian Janari ST, MT adalah salah seorang di antaranya. Dian, begitu pria kelahiran Teluk Limau Palembang Sumatra Selatan ini sering dipanggil, melanjutkan studinya ke Magister Teknik Industri Universitas Islam Indonesia (MTI-UII) selepas lulus dari Teknik Mesin UII.

Semenjak masih kuliah di Prodi Teknik Mesin UII kemudian Dian telah memiliki minat dalam bidang pengembangan produk. Tugas Akhir yang diambil untuk meraih Sarjana Teknik Mesin adalah pengembangan genteng bulu ayam. Minat dalam pengembangan produk ini dilanjutkan selama kuliah hingga saat ini telah lulus dari MTU-UII. Salah satu produk lain yang dikembangkan Dian adalah tas kantor wanita Leskap. Keistimewaan tas kantor wanita ini adalah dibuat dari hasil pengolahan limbah sabut kelapa dan dari situlah nama Leskap berasal. Leskap merupakan singkatan dari Lembaran Sabut Kelapa.
Tas kantor wanita Leskap diproses menggunakan pencampuran sabut kelapa dan kompon latex kemudian di press dengan alat kempa panas. Konsep desain yang digunakan untuk pembuatan tas kantor wanita leskap menggunakan konsep parsipatori, penyaringan  dan penilaian konsep desain. Dalam pengembangan produk ini Dian merupakan salah satu anggota tim pengembangan mesin pengolah sabut kelapa dan produk baru berbasis sabut kelapa, yang juga terdiri dari rof. Dr. Ir. Hari Purnomo dan Tri Apri Yudianto. Pembuatan produk tas kantor wanita leskap ditujukan untuk menghasilkan produk tas kantor wanita yang bernilai ekonomi tinggi dan meningkatkan produktivitas UKM pengolahan serat sabut kelapa yang berada di desa Tirtoadi, Sleman, Yogyakarta.

"Beberapa hal yang yang saya pelajari saat kuliah di Prodi Teknik Mesin UII yang  turut berperan dalam pengembangan produk ini, seperti teknologi komposit, dasar perancangan, analisis dan simulasi berbantuan komputer, serta pengujian produk." Demikian penjelasan dari Dian saat ditanya bekal apa saja yang telah diperolehnya saat kuliah di Prodi Teknik Mesin UII.